Kamis, 12 Maret 2015



MAKALAH

SERVICE / PERBAIKAN AC MOBIL

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
Mata pelajaran produktif


smkn1kawali


Disusun Oleh :
Kelompok    :
Kelas           : XII TKR 1
Anggota       : Angga Nurrohman S
 Didin Muhtadin
 Toni Mubarok
Wawan Setiawan
       



PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KAWALI
Jln. Talagasari No. 35 Tlp. (0265) 791727 Kawali-ciamis 46253
2015




Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata?ala, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah yang berjudul PerbaikanAc Mobil . Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata pelajaran Produktif

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah ini. 

Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat sekolah dan kaum terpelajar dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.


Kawali,  Februari 2015



Penyusun








i
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..................................................................... i
DAFTAR ISI.............................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................... 1
1.1      latar Belakang.............................................................. 1
1.2      Rumusan masalah........................................................ 1
1.3      Tujuan Masalah............................................................ 1

BAB II PEMBAHASAN................................................................ 2
2.1 Sistem AC Mobil............................................................. 2
2.2 Perbaikan/Service AC mobil.............................................. 2
2.3 Tips Memperbaiki AC mobil ............................................. 3

BAB III PENUTUP................................................................... 16
3.1 kesimpulan.................................................................. 16
DAFTAR PUSTAKA................................................................... 17














ii
BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
AC sudah menjadi salah satu kebutuhan setiap orang di kota-kota besar. Dengan cuaca yang makin panas, AC dibutuhkan untuk menghadirkan suasana nyaman. Tidak hanya di ruangan, mobil pun memerlukannya.
Dengan semakin banyaknya mobil yang beredar di Indonesia saat ini, dapat dikatakan kebutuhan akan servis AC juga meningkat. Artinya, bila Anda mau memanfaatkan hal ini, maka Anda dapat menemukan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Memang, saat ini banyak usaha servis AC yang bermunculan. Jadi, Anda perlu memilih lokasi yang tepat untuk dapat berkembang dan sukses.
Bisnis servis AC dipandang menjanjikan karena jumlah mobil saat ini sudah sangat banyak. Meskipun bisnis otomotif mengalami perlambatan pertumbuhan, tetapi, kenyataannya, jumlah mobil terus bertambah.
Selain itu, seperti yang disebutkan diatas, cuaca panas yang saat ini terjadi membutuhkan kinerja AC yang baik. Oleh karena itu, servis AC sangat dibutuhkan untuk mewujudkan hal ini.
Target pasar yang Anda bidik adalah mereka yang memiliki mobil. Pemilik-pemilik mobil ini tidak hanya membutuhkan servis AC. Beberapa diantara mereka juga membutuhkan pemasangan AC mobil baru. Jadi, Anda juga harus menyediakan produk AC baru, bekas, spare part dan juga layanan pemasangan, selain servis AC.
1.2 Rumusan Masalah
Pada pembahasan kali ini penyusun akan membahas mengenai raung lingkup service ac mobil

1.3Tujuan masalah
Dengan dibuatnya makalah ini di harapkan para siswa khususnya dan umunya para pembaca dapat mengetahui mengenai :
1.        Cara service AC mobil



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 SISTEM AC MOBIL

Pengertian AC

            Air Conditioner Merupakan sebuah alat yang mampu mengkondisikan udara. Dengan kata lain, AC Berfungsi Sebagai Penyejuk Udara yang diinginkan ( sejuk atau dingin ) dan nyaman bagi tubuh. Ac Lebih Banyak digunakan di wilayah yang beriklim tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi (panas).

Cara Kerja AC Mobil

AC mobil terdiri dari beberapa bagian yang cara kerjanya saling berhubungan satu dengan yang lainnya, adapun bagian-bagian Ac tersebut adalah sebagai berikut :
1. Compresor
2. Condensor.
3. Filter Dryer.
4. Katup expansi.
5. Evaporator.
http://1.bp.blogspot.com/_hQTMc4nvpgI/THcu2kUVJbI/AAAAAAAAAiI/T7erx7Dpa10/s200/kompresor.jpg
1. Compresor.
Compresor adalah jantung dari system peredaran AC mobil dan tugas compresor adalah untuk menjalankan freon ke seluruh bagian AC mobil serta menghisapnya kembali. Pada bagian ini compresor memiliki 2 fungsi yakni memberikan tekanan dan menghisapnya kembali tekanan yang telah diberikan dari saluran tekan.
Jika compresor sudah lemah maka udara yang keluar dari AC akan terasa kurang dingin, dan itu akan dapat dilihat dari alat bantu untuk melihat tekanan pada AC (manometer).
Jika compresor masih baik atau masih layak pakai maka tekanan pada manometer untuk hisap berkisar antara angka 25-35PSi, dan pada bagian tekan berkisar antara angka 200-250PSi. Adapun compresor yang saat ini beredar di pasaran tanah air terdapat 2 merk ternama yaitu Denso (ND), dan Sanden (SD).

http://1.bp.blogspot.com/_hQTMc4nvpgI/THcvVcd6L8I/AAAAAAAAAiQ/Mo3RV4W_OsU/s200/kondensor.jpg
2. Condensor
Condensor adalah bagian dari system sirkulasi AC mobil setelah compressor, bagian ini berfungsi untuk mendinginkan freon yang akan dialirkan kedalam evaporator, dan prinsip kerja condensor ini adalah menghisap dingin untuk mengeluarkan panas, maka bagian condensor ini jika disentuh dengan tangan akan teras panas.
Pada bagian condensor ini freon yang tadinya berbentuk uap dan ditekan oleh compresor akan berubah menjadi cair. ini disebabkan karena freon mengalami proses kondensasi atau pendinginan.

http://1.bp.blogspot.com/_hQTMc4nvpgI/THcv-rpR6KI/AAAAAAAAAiY/1m93gVtHNQA/s200/dryer+ac.jpg
3. Filter Dryer
Setelah condensor, freon akan melalui tahap penyaringan sekaligus pengeringan dari uap air, untuk tugas ini alat yang berfungsi adalah filter dryer. Filter dryer ini bagian yang cukup penting dalam system sirkulasi pada AC mobil,
karena alat ini berfungsi menyaring semua kotoran yang ada pada system, oleh karena itu disarankan untuk mengganti filter dryer pada saat kendaraan anda mencapaijaarak tempuh 20.000 km.
Apa yang akan terjadi jika filter dryer tidak diganti pada waktunya?
Jika filter dryer sudah usang dan sudah terlalu banyak menampung kotoran, maka alat ini menjadi tidak berfungsi lagi sehingga seluru sistim sirkulasi akan dipenuhi oleh kotoran, sehingga akan mengakibatkan kerusakan pada compressor. waduh padahal compressor itu kan mahal......tapi jangan khawatir di pasaran ada bengkel AC yang menyediakan Compressor rekondisi/second, tapi anda harus hati-hati jangan mudah percaya pada penawaran bengkel-bengkel yang anda belum ketahui benar reputasinya...kecuali jika bengkel memberikan Garansi!!

http://3.bp.blogspot.com/_hQTMc4nvpgI/THcweX8MP5I/AAAAAAAAAig/n1vdcFLHHb8/s200/katup+ekspansi.jpg
4. Katup Expansi
Alat ini berfungsi untuk merubah freon dari bentuk cair menjadi gas, umumnya jarang sekali ditemukan kerusakan pada alat ini, dan apabila terjadi kerusakan sudah dapat dipastikan bahwa ini disebabkan karena Filter Dryer sudah tidak berfungsi lagi alias usang.
Katup expansi pada umumnya memiliki 2 bentuk, yakni kotak/persegi dan satunya menyerupai bentuk siku.
Untuk Expansi yang berbentu kotak/persegi pada umumnya lebih pendek usiapakainya, ini disebabkan pada bentuk ini tidak terdapat sensor sehingga jumlah Freon yang masuk kedalam evaporator tidak terkontrol.
Untuk Expansi yang berbentu siku pada umumnya memiliki usia pakai lebih panjang jika tidak tersumbat kotoran, itu disebabkan karena pada Expansi jenis ini memiliki sensor pada bagian belakang untuk mengatur jumlah banyaknya freon yang akan masuk ke Evaporator, sehingga dapat mencegah terjadinya pembekuan.
5. Evaporator
Evaporator adalah bagian pada Ac mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan hawa sejuk ke dalam kabin mobil.

http://4.bp.blogspot.com/_hQTMc4nvpgI/THcxrrrMULI/AAAAAAAAAiw/pBND6RWL6fo/s200/evaporator.jpg
Prinsip kerja evaporator adalah menyerap hawa panas untuk mengeluarkan hawa dingin, atau kebalikan dari fungsi condenser. Jumlah panas yang diserap oleh evaporator harus sama dengan jumlah hawa dingin yang diserap oleg condenser.
Jika tidak terjadi keseimbangan itu maka system AC mobil anda akan terasa kurang maksimal.
Pada umumnya evaporator dibersihkan dalam jangka waktu 1 tahun atau 20.000 km dan disertai dengan penggantian Filter Dryer.
Apa yang terjadi jika evaporator tidak dibersihkan pada waktunya
Berikut ini adalah gejala akibat evaporator yang tidak terawat dengan baik :
1. Hembusan angin dari AC ke dalam kabin akan terasa kecil.
2. Tercium bau yang kurang sedap saat pertama kali AC dihidupkan.
3. Terjadi pembekuan pada Evaporator.
4. Selang-selang pada bagian evaporator mengalami keropos.
Komponen Pendukung AC Diantaranya :
1.Strainer Atau Saringan
Strainer atau saringan berfungsi menyaring kotoran yang terbawa oleh refrigeran di dalam sistem AC, Kotoran yang lolos dari saringan karena strainer rusak dapat menyebabkan penyumbatan pipa kapiler. Akibatnya, sirkulasi refrigeran menjadi terganggung. biasanya, kotoran yang menjadi penyumbat sistem pendingn, seperti karat dan serpihan logam
2. Accumulator
Accumulator berfungsi sebagai penampung sementara refrigeran cair bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas evaporator. Selain itu, accumulator berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigeran agar bisa keluar-masuk melalui saluran isap kompresor. Untuk mencegah agar refrigeran cair tidak mengalir ke kompresor, accumulator mengkondisikan wujud refrigeran tetap dalam wujud gas. Sebab, ketika wujud refrigeran berbentuk gas akan lebih mudah masuk ke dalam kompresor dan tidak merusak bagian dalam kompresor.

3. Minyak Pelumas Kompresor
Minyak pelumas atau oli kompresor pada sistem AC berguna untuk melumasi bagian-bagian kompresor agar tidak cepat aus karena gesekan. Selain itu, minyak pelumas berfungsi meredam panas di bagian-bagian kompresor. Sebagian kecil dari oli kompresor bercampur dengan refrigeran, kemudian ikut bersirkulasi di dalam sistem pendingin melewati kondensor dan evaporator. Oleh sebab itu, oli kompresor harus memiliki persyaratan khusus, yaitu bersifat melumasi, tahan terhadap temperatur kompresor yang tinggi, memiliki titik beku yang renndah, dan tidak menimbulkan efek negatif pada sifat refrigeran serta komponen AC yang dilewatinya.
4. Kipas ( Fan atau Blower )
Pada komponen AC, Blower terletak di bagian indoor yang berfungsi menghembuskan udara dingin yang di hasilkan evaporator. Fan atau kipas terletak pada bagian outdoor yang berfungsi mendinginkan refrigeran pada kondensor serta untuk membantu pelepasan panas pada kondensor


Komponen Kelistrikan Pada AC :
1. Thermistor
Thermistor adalah alat pengatur temperatur. Dengan begitu, thermistor mampu mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan perubahan temperatur. Biasanya, termistor dipasang di bagian evaporator. Thermistor dibuat dari bahan semikonduktro yang dibuat dalam beberapa bentuk, seperti piringan, batangan, atau butiran, tergantung dari pabrikan AC. Pada thermistor berbentuk butiran, memiliki diameter (kira-kira 3-5 mm). Kemudian, beberapa butir thermistor tersebut dibungkus dengan kapsul yang terbuat dari bahan gelas (kapsul kaca). Selanjutnya, kapsul kaca dipasangi dua buah kaki terminal (pin). Karena ukurannya sangat kecil, thermistor berbentuk butiran mampu memberikan reaksi yang sangat cepat terhadap perubahan temperatur. Thermistor dirancang agar memiliki tahanan yang nilainya semaking mengecil ketika temperatur bertambah. Pada Unit AC, ada dua jenis thermistor, yaitu thermistor temperatur ruangan dan thermistor pipa evaporator. Thermistor temperatur ruangan berfungsi menerima respon perubahan temperatur dan hembusan evaporator. Thermistor pipa berfungsi menerima perubahan temperatur pada pipa evaporator.
2.PCB Kontrol
PCB Kontrol merupakan alat mengatur kerja keseluruhan Unit AC. Jika di analogika, fungsi PCB kontrol menyerupai fungsi otak manusia. Di dalam komponen PCB Kontrol terdiri dari bermacam-macam alat elektronik, sperti thermistor,sensor,kapasitor,IC,trafo,fuse,saklar,relay , dan alat elektronik lainnya. Fungsinya pun beragam, mulai dari mengontrol kecepatan blower indoor, pergerakan swing, mengatur temperatur, lama pengoperasian(timer), sampai menyalakan atau menonaktifkan AC.


3. Kapasitor
Kapasitor merupakan alat elektronik yang berfungsi sebagai penyimpanan muatan listrik sementara. Dikatakan sementara, kapasitor akan melepaskan semua muatan listrik yang terkandung secara tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat. Besarnya muatan yang bisa ditampung tergantung dari kapasitas kapasitor. Satuan dari kapasitas kapasitor adalah Farad (F). Biasanya, Kapasitor difungsikan sebagai penggerak kompresor pertama kali atau starting kapasitor. Dengan bantuan starting kapasitor, hanya dibutuhkan waktu sepersekian detik atau sangat singkat untuk membuat motor kompresor berputar pada kecepatan penuh. Lama atau singkatnya waktu yang dibutuhkan tergantung dari jumlah muatan listrik yang tersimpan pada kapasitor. Setelah motor kompresor mencapai putaran penuh, secara otomatis hubungan listrik pada kapasitor akan dilepas, dan digantikan dengan hubungan langsung dari PLN. Kapasitor akan mengisi kembali muatan dan akan digunakan kembali sewaktu-waktu pada saat menyalakn kompresor lagi. Pada unit AC, biasanya terdapat dua starting kapasitor, yaitu sebagai penggerak kompresor dan motor kipas (fan). pada kompresor AC bertenaga 0.5 – 2 PK memiliki start kapasitor berukuran 15-50 nF. Pada motor kipas (fan indoor atau outdoor) memiliki start kapasitor berukuran 1-4 nF.
3.Overload Motor Protector (OMP)
Overload Motor Protector(OMP) merupakan alat pengaman motor listrik kompresor (biasanya terdapat pada jenis kompresor hermetik). Kerja OMP dikendalikan oleh sensor panas yang terbuat dari campuran bahan logam dan bukan logam (bimetal). Batang bimetal inilah yang membuka dan menutup arus listrik secara otomatis ke motor listrik. Ketika bimetal dilewati arus listrik tinggi secara terus menerus atau kondisi kompresor yang terlalu panas, bimetal akan membuka sehingga arus listrik menuju kompresor akan putus. Begitu juga sebaliknya. Ketika suhu kompresor turun, bimetal akan menutup, arus listik akan mengalir menuju kompresor sehingga kompresor akan kembali bekerja. Penempatan OMP pada kompresor hermetik ada dua macam, yaitu external OMP (diletakan di luar body kompresor) dan internal OMP(diletakan di dalam kompresor). Biasanya,External OMP digunakan untuk mesin compresor AC yang tidak terlalu besar(0,5-1 PK), sedangkan internal OMP banyak terdapat pada mesin kompresor AC yang besar(1,5-2 PK).

http://1.bp.blogspot.com/_bKPPB8mKJI0/SUj5OZlFUtI/AAAAAAAAAA4/uVb5KHe65b0/s320/h17.jpg
5. Motor Listrik
Motor Listrik berfungsi untuk menggerakan kipas (outdoor) dan Blower (indoor). Bentuk dan ukuran motor listrik indoor dan outdoor berbeda. Untuk membantu memaksimalkan putaran, baik pada motor listrik indoor maupun outdoor, dibutuhkan start kapasitor yang berfungsi menggerakan motor listrik pertama kali sampai mencapai putaran penuh. Selanjutnya, fungsi start capasitor akan digantikan oleh arus listrik PLN untuk memutar kedua motor listrik tersebut.
Blower Motor


6. Motor Kompresor
Motor Kompresor berfungsi menggerakan mesin kompressor. Ketika Motor bekerja, kompresor akan berfungsi sebagai sirkulator bahan pendingin menuju ke seluruh bagian sistem pendingin. Umumnya, motor kompresor dikemas menjadi satu unti dengan kompresornya. Serupa dengan motor kipas, untuk start awal motor kompresor juga menggunakan bantuan start kapasitor

2.2 Servis AC mobil
AC Mobil tiba-tiba tidak dingin dan fungsi blower masih berjalan sempurna akan tetapi dingin yang timbul berkurang secara drastis dan telah berlangsung beberapa hari. Sedangkan freon yang tersedia dalam sistem masih mencukupi.
voltz 3 AC MOBIL BUILT UP TOYOTA VOLTZ   Call. 081703245655   
081515172626   PIN.22FE4585
Setelah Pengecekan Jumlah Freon Tidak Berkurang Akan Tetapi Dinginnya Berkurang Drastis
Setelah dicek fungsi kompresor masih berjalan dengan baik dan tingkat kompresinya masih cukup bagus dan memenuhi syarat, Lalu kita cek fungsi kondensor dan filter silika AC dan keadaan kedua parts ini masih cukup baik akan tetapi setelah fungsi kondensor ini, sepertinya ditemukan kebuntuan yang bersumber dari sekitar expansi dan evaporator.
voltz 4 AC MOBIL BUILT UP TOYOTA VOLTZ   Call. 081703245655   
081515172626   PIN.22FE4585
Pelepasan Panel-Panel Pada Dashboard Dilakukan Karena Pada Bagian Luar Tidak Ditemukan Indikasi Permasalahan
Lalu dilakukanlah pengecekan terhadap fungsi expansi dan evaporator , untuk itu casing box evaporator harus dikeluarkan dari dashboard dan terlebih dahulu dasboard harus dibuka dengan hati-hati karena di dalam mobil VOLTZ Built Up ini banyak sekali terdapat instrument elektrik yang sangat sensitif.
voltz 2 AC MOBIL BUILT UP TOYOTA VOLTZ   Call. 081703245655   
081515172626   PIN.22FE4585
Untuk Pelepasan Box Evaporator Maka Diharuskan Untuk Melepas Panel-Panel Pada Dashboard Selanjutnya dibuka panel dashboard pada sisi penumpang.
voltz 5 AC MOBIL BUILT UP TOYOTA VOLTZ   Call. 081703245655   
081515172626   PIN.22FE4585
Instrument Eletronik Mobil Juga Tidak Luput Untuk Dilepas

di dalam dasboard terdapat box instrument eletrik untuk kontrol keseluruhan fungsi dalam kendaraan tersebut, jadi perlu lebih extra hati-hati dalam pelepasan dashboard.
voltz 6 300x225 AC MOBIL BUILT UP TOYOTA VOLTZ   Call. 
081703245655   081515172626   PIN.22FE4585
Untuk Melepas Box Evaporator Maka Palang Pengaman Pada Dashboard Juga Harus Digeser Posisinya
Casing Box evaporator telah dilepas dari dudukannya di dashboard
voltz 7 300x225 AC MOBIL BUILT UP TOYOTA VOLTZ   Call. 
081703245655   081515172626   PIN.22FE4585
Box Evaporator Sudah Dilepas Dari Dudukannya
 Casing Box Evaporator
voltz 8 300x225 AC MOBIL BUILT UP TOYOTA VOLTZ   Call. 
081703245655   081515172626   PIN.22FE4585
Evaporator Telah Dilepas Dari Box nya dan Dilakukan Cleaning
 Evaporator Toyota VOLTZ Built Up telah dilepaskan dari Casing Box nya
voltz 9 300x225 AC MOBIL BUILT UP TOYOTA VOLTZ   Call. 
081703245655   081515172626   PIN.22FE4585
Heater Juga Dikeluarkan dan Dibersihkan Sekalian
  Heater yang terdapat dalam Casing Box Evaporator.
Setelah dicek keadaan evaporator ternyata masih cukup baik , selajutnya expansinya kita lepas dari evaporator lalu kita cek ternyata memang  ada kebuntuan pada fungsi expansi yang menghambat sistem AC mobil tersebut. Setelah diganti dengan expansi baru dan seluruh parts yang telah dibuka juga kita bersihkan maka pemasangan kembali dilakukan.
Setelah seluruh instrument terpasang kembali dengan baik, kita lakukan lagi pengecekan ulang pada sistem AC Mobil tersebut dan setelah semua dinyatakan baik , selanjutnya kita lakukan pengisian freon. Hasilnya cukup baik dan dinginnya sangat memuaskan


2.3 TIPS MEMPERBAIKI AC MOBIL SENDIRI
memperbaiki AC mobil sendiri – AC mobil bukan merupakan aksesoris lagi akan tetapi suatu faktor penting untuk sebuah mobil. Dilihat dari sejarahnya AC mobil umurnya sama dengan pertama kali dibuatnya mobil, silahkan disimak posting kami pada modifikasi AC mobil klasik.
komponen ac mobil
Disitu kami jelaskan pula mengapa kita perlu upgrade atau ganti satu unit AC mobil klasik kita dengan yang baru karena sistem AC baru menggunakan gas freon yang ramah lingkungan (R134a) karena tidak merusak ozon, itu kalau AC mobil klasik anda masih menggunakan freon R12 lho (saran saja demi kelangsungan hidup generasi yang akan datang).
Sistem kerja AC mobil secara umum adalah sebagai berikut, pada saat tombol ‘on/off’ pada AC mobil kita ‘on’ maka ‘magnet cluth’ akan menekan kompresor dan akan memutar kompresor untuk bekerja mengkompres atau menekan gas freon (refrigrant) yang ada didalamnya seingga menuju ke tempat pendinginan (kondensor) yang kemudian masuk ke filter dryer. Fungsi kondensor yaitu untuk mendinginkan gas yang bersuhu tinggi, itu sebabnya biasanya kondensor ditaruh di depan radiator dan dibantu dengan extra fan untuk menurunkan temperatur gas sebelum kemudian dialirkan melalu pipa menuju ekspansi valve yang berfungsi menurunkan tekanan yang kemudian menuju ke evaporator. Akibat perbedaan tekanan dari ekspansi maka udara didalam ruangan akan terserap oleh refrigan melauli evaporator sehingga ruangan akan berkurang panasnya dan pada waktu tertentu akan menjadi sejuk.
http://www.mobil-klasikantik.com/wp-content/uploads/blogger/-GKmPOTkZ_o0/UQ3VrgePoHI/AAAAAAAAEfU/M155t83kN50/s400/ac-mobil-dobel-blower.jpg
Di evaporator terjadi perubahan bentuk refrigran yaitu dari cair menjadi gas sehingga mudah menyerap hawa panas yang ada di dalam mobil yang kemudian dikembalikan lagi menuju kompresor dalam bentuk cair untuk dinaikkan tekannya secara berulang dan terus menerus. Jadi tidak ada istilah “harus tambah freon sedikit paling cuma 50 ribu atau 100 ribu saja” bila AC mobil anda tidak dingin, trik ini biasanya dikatakan oleh pedagang mobil bekas bila kita mau beli mobil bekas darinya. Baca juga tips jual beli mobil bekas ya sebagai pengetahuan tambahan kita.
Tidak sepele itu harus nambah freon, kalau memang tidak dingin berarti ada kerusakan atau kebocoran pada parts nya, maka dari itu kami tulis judul posting ini tips memperbaiki AC mobil sendiri yang berarti bukan kita yang harus memperbaiki sendiri kerusakan AC mobil kita melainkan sebagai pengetahuan kita mengenai apa yang terjadi pada kerusakan AC mobil kita dan kita bisa menganalisa sendiri sehingga kita tahu yang sebenarnya dilakukan. Hal ini sangat penting bila ini terjadi pada saat kita ditengah perjalanan untuk menghindari trik nakal dari beberapa oknum bengkel AC dadakan yang ada dipinggiran jalan yang menawarkan jasa sevis AC mobil.
Secara umum berkurangnya “dingin” pada AC mobil kita ada 3 faktor yang utama yaitu :
  1. Karena usia AC sudah tua (lebih dari 7 tahun atau bisa lebih lama tergantung bagaimana cara kita merawat AC dengan benar) biasanya terjadi kebocoran pada karet-karet seal nya.
  2. Faktor instalasi yang kurang sempurna, baik instalasi AC nya maupun kelistrikannya ( biasanya pada pemasangan sendiri bukan asli dari pabrik)
  3. Faktor lain misalnya akibat kecelakaan sehingga selang-selang bocor atau kondensor rusak, dll.
Dari ketiga faktor utama mengenai faktor yang menyebabkan AC mobil anda tidak dingin sangat tidak mungin sekali atau kecil kemungkinan bila anda punya mobil baru yang umurnya baru 1 atau 2 tahun yang kemudian AC nya tidak dingin dan anda tanyakan kepada si tukang AC jawabannya kurang freon atau tambah freon lagi, dan anda diduruh membayar beberapa ratus ribu dengan si bengkel berpura-pura bongkar ini dan itu. Bila anda mengalami hal demikian kemungkinan besar yaitu faktor nomer 2 dengan mengecek apakah ada arus listrik yang mengalir pada saat tombol AC anda ‘on’ kan (ini yang biasa terjadi) dan biasanya hanya sekring saja yang putus, jadi anda bisa ganti sendiri dan tidak usah memanggil bengkel.
http://www.mobil-klasikantik.com/wp-content/uploads/blogger/-MJxYHnirH8M/UQ3V26DgDSI/AAAAAAAAEfg/wnS1DDE7y7w/s400/gambar-skema-ac-mobil.jpg
Berikut kami berikan beberapa tips untuk pencegahan AC mobil anda agar lebih awet umurnya:
  1. Menjaga kebersihan kondensor, seringlah anda menyemprotkan air ke sirip-sirip kondensor sehingga proses pendinginan pada kondensor berfungsi baik karena bila kotor maka proses pendinginannya kurang sempurna akibatnya akan merusak seal-seal karet di sambungan pada saluran pipanya.
  2. Membersihkan evaporator dengan sikat khusus agar proses penyerapan hawa panas didalam mobil menjadi lebih sempurna, sehingga AC tetap sejuk.
  3. Jangan hidupkan AC dalam keadaan kaca terbuka terlalu lama karena akan memberatkan kerja kompresor (proses pendinginanya menjadi lama) akibatnya seperti nomer 1.
  4. Carilah bengkel AC mobil yang profesional dan terpercaya untuk urusan AC mobil anda agar anda tidak merasa dibohongi, seperti contohnya ditulis tambah freon 2 kg untuk jenis mobil sedan. Ini sangat tidak mungkin sedangkan yang dobel blower saja paling hanya 1,5 kg saja, dll.
  5. Untuk AC mobil tua dan sering kurang dingin, maka cek komponen dan pipa saluran AC dengan cara mengoleskan cairan yang berbusa, misalnya sabun untuk mengecek kebocoran yang terjadi, setelah tahu segera konsultasikan dengan bengkel anda untuk segera diperbaiki.
















BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan

Air Conditioner Merupakan sebuah alat yang mampu mengkondisikan udara. Dengan kata lain, AC Berfungsi Sebagai Penyejuk Udara yang diinginkan ( sejuk atau dingin ) dan nyaman bagi tubuh. Ac Lebih Banyak digunakan di wilayah yang beriklim tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi (panas).

AC mobil terdiri dari beberapa bagian yang cara kerjanya saling berhubungan satu dengan yang lainnya, adapun bagian-bagian Ac tersebut adalah sebagai berikut :
1. Compresor
2. Condensor.
3. Filter Dryer.
4. Katup expansi.
5. Evaporator.
tips untuk pencegahan /Perbaikan AC mobil anda agar lebih awet umurnya:
  1. Menjaga kebersihan kondensor, seringlah anda menyemprotkan air ke sirip-sirip kondensor sehingga proses pendinginan pada kondensor berfungsi baik karena bila kotor maka proses pendinginannya kurang sempurna akibatnya akan merusak seal-seal karet di sambungan pada saluran pipanya.
  2. Membersihkan evaporator dengan sikat khusus agar proses penyerapan hawa panas didalam mobil menjadi lebih sempurna, sehingga AC tetap sejuk.
  3. Jangan hidupkan AC dalam keadaan kaca terbuka terlalu lama karena akan memberatkan kerja kompresor (proses pendinginanya menjadi lama) akibatnya seperti nomer 1.
  4. Carilah bengkel AC mobil yang profesional dan terpercaya untuk urusan AC mobil anda agar anda tidak merasa dibohongi, seperti contohnya ditulis tambah freon 2 kg untuk jenis mobil sedan. Ini sangat tidak mungkin sedangkan yang dobel blower saja paling hanya 1,5 kg saja, dll.
  5. Untuk AC mobil tua dan sering kurang dingin, maka cek komponen dan pipa saluran AC dengan cara mengoleskan cairan yang berbusa, misalnya sabun untuk mengecek kebocoran yang terjadi, setelah tahu segera konsultasikan dengan bengkel anda untuk segera diperbaiki.


DAFTAR PUSTAKA

http://materiototronik.blogspot.com/2011/02/sistem-ac-mobil.html
http://www.mobil-klasikantik.com/2013/02/tips-memperbaiki-ac-mobil-sendiri.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar