MAKALAH
SERVICE / PERBAIKAN AC MOBIL
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
Mata pelajaran produktif
Disusun Oleh :
Kelompok :
Kelas : XII TKR 1
Anggota : Angga Nurrohman S
Didin Muhtadin
Toni Mubarok
Wawan
Setiawan
PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF
KOMPETENSI KEAHLIAN
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KAWALI
Jln.
Talagasari No. 35
Tlp. (0265) 791727 Kawali-ciamis
46253
2015
Puji
syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata?ala, karena berkat
rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah yang berjudul PerbaikanAc Mobil .
Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata pelajaran Produktif
Kami
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga
makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari
sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami
harapkan demi sempurnanya makalah ini.
Semoga
makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat sekolah dan kaum terpelajar dan
bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi
kita semua.
Kawali, Februari 2015
Penyusun
i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..................................................................... i
DAFTAR ISI.............................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................... 1
1.1
latar Belakang.............................................................. 1
1.2
Rumusan masalah........................................................ 1
1.3
Tujuan Masalah............................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN................................................................ 2
2.1
Sistem AC Mobil............................................................. 2
2.2
Perbaikan/Service AC mobil.............................................. 2
2.3
Tips Memperbaiki AC mobil ............................................. 3
BAB III PENUTUP................................................................... 16
3.1 kesimpulan.................................................................. 16
DAFTAR PUSTAKA................................................................... 17
ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
AC sudah menjadi salah satu kebutuhan setiap orang di
kota-kota besar. Dengan cuaca yang makin panas, AC dibutuhkan untuk
menghadirkan suasana nyaman. Tidak hanya di ruangan, mobil pun memerlukannya.
Dengan semakin banyaknya mobil yang beredar di Indonesia
saat ini, dapat dikatakan kebutuhan akan servis AC juga meningkat. Artinya,
bila Anda mau memanfaatkan hal ini, maka Anda dapat menemukan peluang usaha
yang cukup menjanjikan. Memang, saat ini banyak usaha servis AC yang
bermunculan. Jadi, Anda perlu memilih lokasi yang tepat untuk dapat berkembang
dan sukses.
Bisnis servis AC dipandang menjanjikan karena jumlah
mobil saat ini sudah sangat banyak. Meskipun bisnis otomotif mengalami
perlambatan pertumbuhan, tetapi, kenyataannya, jumlah mobil terus bertambah.
Selain itu, seperti yang disebutkan diatas, cuaca panas
yang saat ini terjadi membutuhkan kinerja AC yang baik. Oleh karena itu, servis
AC sangat dibutuhkan untuk mewujudkan hal ini.
Target pasar yang Anda bidik adalah mereka
yang memiliki mobil. Pemilik-pemilik mobil ini tidak hanya membutuhkan
servis AC. Beberapa diantara mereka juga membutuhkan pemasangan AC mobil baru.
Jadi, Anda juga harus menyediakan produk AC baru, bekas, spare part dan juga
layanan pemasangan, selain
servis AC.
1.2 Rumusan Masalah
Pada pembahasan kali ini penyusun akan
membahas mengenai raung lingkup service ac mobil
1.3Tujuan masalah
Dengan dibuatnya makalah ini di harapkan
para siswa khususnya dan umunya para pembaca dapat mengetahui mengenai :
1.
Cara service AC mobil
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 SISTEM AC MOBIL
Pengertian AC
Air
Conditioner Merupakan sebuah alat yang mampu mengkondisikan udara. Dengan kata
lain, AC Berfungsi Sebagai Penyejuk Udara yang diinginkan ( sejuk atau dingin )
dan nyaman bagi tubuh. Ac Lebih Banyak digunakan di wilayah yang beriklim
tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi (panas).
Cara Kerja AC Mobil
AC
mobil terdiri dari beberapa bagian yang cara kerjanya saling berhubungan satu
dengan yang lainnya, adapun bagian-bagian Ac tersebut adalah sebagai berikut :
1. Compresor
2. Condensor.
3. Filter Dryer.
4. Katup expansi.
5. Evaporator.
1. Compresor.
Compresor
adalah jantung dari system peredaran AC mobil dan tugas compresor adalah untuk
menjalankan freon ke seluruh bagian AC mobil serta menghisapnya kembali. Pada
bagian ini compresor memiliki 2 fungsi yakni memberikan tekanan dan
menghisapnya kembali tekanan yang telah diberikan dari saluran tekan.
Jika
compresor sudah lemah maka udara yang keluar dari AC akan terasa kurang dingin,
dan itu akan dapat dilihat dari alat bantu untuk melihat tekanan pada AC
(manometer).
Jika compresor masih
baik atau masih layak pakai maka tekanan pada manometer untuk hisap berkisar
antara angka 25-35PSi, dan pada bagian tekan berkisar antara angka 200-250PSi.
Adapun compresor yang saat ini beredar di pasaran tanah air terdapat 2 merk
ternama yaitu Denso (ND), dan Sanden (SD).
2. Condensor
Condensor
adalah bagian dari system sirkulasi AC mobil setelah compressor, bagian ini
berfungsi untuk mendinginkan freon yang akan dialirkan kedalam evaporator, dan
prinsip kerja condensor ini adalah menghisap dingin untuk mengeluarkan panas,
maka bagian condensor ini jika disentuh dengan tangan akan teras panas.
Pada
bagian condensor ini freon yang tadinya berbentuk uap dan ditekan oleh
compresor akan berubah menjadi cair. ini disebabkan karena freon mengalami proses
kondensasi atau pendinginan.
3.
Filter Dryer
Setelah
condensor, freon akan melalui tahap penyaringan sekaligus pengeringan dari uap
air, untuk tugas ini alat yang berfungsi adalah filter dryer. Filter dryer ini
bagian yang cukup penting dalam system sirkulasi pada AC mobil,
karena
alat ini berfungsi menyaring semua kotoran yang ada pada system, oleh karena
itu disarankan untuk mengganti filter dryer pada saat kendaraan anda mencapaijaarak
tempuh 20.000 km.
Apa
yang akan terjadi jika filter dryer tidak diganti pada waktunya?
Jika
filter dryer sudah usang dan sudah terlalu banyak menampung kotoran, maka alat
ini menjadi tidak berfungsi lagi sehingga seluru sistim sirkulasi akan dipenuhi
oleh kotoran, sehingga akan mengakibatkan kerusakan pada compressor. waduh
padahal compressor itu kan mahal......tapi jangan khawatir di pasaran ada
bengkel AC yang menyediakan Compressor rekondisi/second, tapi anda harus
hati-hati jangan mudah percaya pada penawaran bengkel-bengkel yang anda belum
ketahui benar reputasinya...kecuali jika bengkel memberikan Garansi!!
4.
Katup Expansi
Alat
ini berfungsi untuk merubah freon dari bentuk cair menjadi gas, umumnya jarang
sekali ditemukan kerusakan pada alat ini, dan apabila terjadi kerusakan sudah
dapat dipastikan bahwa ini disebabkan karena Filter Dryer sudah tidak berfungsi
lagi alias usang.
Katup
expansi pada umumnya memiliki 2 bentuk, yakni kotak/persegi dan satunya
menyerupai bentuk siku.
Untuk
Expansi yang berbentu kotak/persegi pada umumnya lebih pendek usiapakainya, ini
disebabkan pada bentuk ini tidak terdapat sensor sehingga jumlah Freon yang
masuk kedalam evaporator tidak terkontrol.
Untuk
Expansi yang berbentu siku pada umumnya memiliki usia pakai lebih panjang jika
tidak tersumbat kotoran, itu disebabkan karena pada Expansi jenis ini memiliki
sensor pada bagian belakang untuk mengatur jumlah banyaknya freon yang akan
masuk ke Evaporator, sehingga dapat mencegah terjadinya pembekuan.
5.
Evaporator
Evaporator
adalah bagian pada Ac mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan hawa sejuk ke
dalam kabin mobil.
Prinsip
kerja evaporator adalah menyerap hawa panas untuk mengeluarkan hawa dingin,
atau kebalikan dari fungsi condenser. Jumlah panas yang diserap oleh evaporator
harus sama dengan jumlah hawa dingin yang diserap oleg condenser.
Jika
tidak terjadi keseimbangan itu maka system AC mobil anda akan terasa kurang
maksimal.
Pada
umumnya evaporator dibersihkan dalam jangka waktu 1 tahun atau 20.000 km dan
disertai dengan penggantian Filter Dryer.
Apa
yang terjadi jika evaporator tidak dibersihkan pada waktunya
Berikut
ini adalah gejala akibat evaporator yang tidak terawat dengan baik :
1.
Hembusan angin dari AC ke dalam kabin akan terasa kecil.
2.
Tercium bau yang kurang sedap saat pertama kali AC dihidupkan.
3.
Terjadi pembekuan pada Evaporator.
4.
Selang-selang pada bagian evaporator mengalami keropos.
Komponen Pendukung
AC Diantaranya :
1.Strainer Atau
Saringan
Strainer
atau saringan berfungsi menyaring kotoran yang terbawa oleh refrigeran di dalam
sistem AC, Kotoran yang lolos dari saringan karena strainer rusak dapat
menyebabkan penyumbatan pipa kapiler. Akibatnya, sirkulasi refrigeran menjadi
terganggung. biasanya, kotoran yang menjadi penyumbat sistem pendingn, seperti
karat dan serpihan logam
2. Accumulator
Accumulator
berfungsi sebagai penampung sementara refrigeran cair bertemperatur rendah dan
campuran minyak pelumas evaporator. Selain itu, accumulator berfungsi mengatur
sirkulasi aliran bahan refrigeran agar bisa keluar-masuk melalui saluran isap
kompresor. Untuk mencegah agar refrigeran cair tidak mengalir ke kompresor,
accumulator mengkondisikan wujud refrigeran tetap dalam wujud gas. Sebab,
ketika wujud refrigeran berbentuk gas akan lebih mudah masuk ke dalam kompresor
dan tidak merusak bagian dalam kompresor.
3. Minyak Pelumas Kompresor
3. Minyak Pelumas Kompresor
Minyak
pelumas atau oli kompresor pada sistem AC berguna untuk melumasi bagian-bagian
kompresor agar tidak cepat aus karena gesekan. Selain itu, minyak pelumas
berfungsi meredam panas di bagian-bagian kompresor. Sebagian kecil dari oli
kompresor bercampur dengan refrigeran, kemudian ikut bersirkulasi di dalam
sistem pendingin melewati kondensor dan evaporator. Oleh sebab itu, oli
kompresor harus memiliki persyaratan khusus, yaitu bersifat melumasi, tahan
terhadap temperatur kompresor yang tinggi, memiliki titik beku yang renndah,
dan tidak menimbulkan efek negatif pada sifat refrigeran serta komponen AC yang
dilewatinya.
4. Kipas ( Fan atau
Blower )
Pada komponen AC,
Blower terletak di bagian indoor yang berfungsi menghembuskan udara dingin yang
di hasilkan evaporator. Fan atau kipas terletak pada bagian outdoor yang
berfungsi mendinginkan refrigeran pada kondensor serta untuk membantu pelepasan
panas pada kondensor
Komponen
Kelistrikan Pada AC :
1. Thermistor
Thermistor adalah alat
pengatur temperatur. Dengan begitu, thermistor mampu mengatur kerja kompresor
secara otomatis berdasarkan perubahan temperatur. Biasanya, termistor dipasang
di bagian evaporator. Thermistor dibuat dari bahan semikonduktro yang dibuat
dalam beberapa bentuk, seperti piringan, batangan, atau butiran, tergantung
dari pabrikan AC. Pada thermistor berbentuk butiran, memiliki diameter
(kira-kira 3-5 mm). Kemudian, beberapa butir thermistor tersebut dibungkus
dengan kapsul yang terbuat dari bahan gelas (kapsul kaca). Selanjutnya, kapsul
kaca dipasangi dua buah kaki terminal (pin). Karena ukurannya sangat kecil,
thermistor berbentuk butiran mampu memberikan reaksi yang sangat cepat terhadap
perubahan temperatur. Thermistor dirancang agar memiliki tahanan yang nilainya
semaking mengecil ketika temperatur bertambah. Pada Unit AC, ada dua jenis
thermistor, yaitu thermistor temperatur ruangan dan thermistor pipa evaporator.
Thermistor temperatur ruangan berfungsi menerima respon perubahan temperatur
dan hembusan evaporator. Thermistor pipa berfungsi menerima perubahan temperatur
pada pipa evaporator.
2.PCB Kontrol
PCB Kontrol merupakan
alat mengatur kerja keseluruhan Unit AC. Jika di analogika, fungsi PCB kontrol
menyerupai fungsi otak manusia. Di dalam komponen PCB Kontrol terdiri dari
bermacam-macam alat elektronik, sperti thermistor,sensor,kapasitor,IC,trafo,fuse,saklar,relay
, dan alat elektronik lainnya. Fungsinya pun beragam, mulai dari mengontrol
kecepatan blower indoor, pergerakan swing, mengatur temperatur, lama
pengoperasian(timer), sampai menyalakan atau menonaktifkan AC.
3. Kapasitor
Kapasitor merupakan
alat elektronik yang berfungsi sebagai penyimpanan muatan listrik sementara.
Dikatakan sementara, kapasitor akan melepaskan semua muatan listrik yang
terkandung secara tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat. Besarnya muatan
yang bisa ditampung tergantung dari kapasitas kapasitor. Satuan dari kapasitas
kapasitor adalah Farad (F). Biasanya, Kapasitor difungsikan sebagai penggerak
kompresor pertama kali atau starting kapasitor. Dengan bantuan starting
kapasitor, hanya dibutuhkan waktu sepersekian detik atau sangat singkat untuk
membuat motor kompresor berputar pada kecepatan penuh. Lama atau singkatnya
waktu yang dibutuhkan tergantung dari jumlah muatan listrik yang tersimpan pada
kapasitor. Setelah motor kompresor mencapai putaran penuh, secara otomatis hubungan
listrik pada kapasitor akan dilepas, dan digantikan dengan hubungan langsung
dari PLN. Kapasitor akan mengisi kembali muatan dan akan digunakan kembali
sewaktu-waktu pada saat menyalakn kompresor lagi. Pada unit AC, biasanya
terdapat dua starting kapasitor, yaitu sebagai penggerak kompresor dan motor
kipas (fan). pada kompresor AC bertenaga 0.5 – 2 PK memiliki start kapasitor
berukuran 15-50 nF. Pada motor kipas (fan indoor atau outdoor) memiliki start
kapasitor berukuran 1-4 nF.
3.Overload Motor Protector
(OMP)
Overload Motor
Protector(OMP) merupakan alat pengaman motor listrik kompresor (biasanya
terdapat pada jenis kompresor hermetik). Kerja OMP dikendalikan oleh sensor
panas yang terbuat dari campuran bahan logam dan bukan logam (bimetal). Batang
bimetal inilah yang membuka dan menutup arus listrik secara otomatis ke motor
listrik. Ketika bimetal dilewati arus listrik tinggi secara terus menerus atau
kondisi kompresor yang terlalu panas, bimetal akan membuka sehingga arus
listrik menuju kompresor akan putus. Begitu juga sebaliknya. Ketika suhu
kompresor turun, bimetal akan menutup, arus listik akan mengalir menuju
kompresor sehingga kompresor akan kembali bekerja. Penempatan OMP pada
kompresor hermetik ada dua macam, yaitu external OMP (diletakan di luar body
kompresor) dan internal OMP(diletakan di dalam kompresor). Biasanya,External
OMP digunakan untuk mesin compresor AC yang tidak terlalu besar(0,5-1 PK),
sedangkan internal OMP banyak terdapat pada mesin kompresor AC yang besar(1,5-2
PK).
5. Motor Listrik
Motor
Listrik berfungsi untuk menggerakan kipas (outdoor) dan Blower (indoor). Bentuk
dan ukuran motor listrik indoor dan outdoor berbeda. Untuk membantu
memaksimalkan putaran, baik pada motor listrik indoor maupun outdoor,
dibutuhkan start kapasitor yang berfungsi menggerakan motor listrik pertama
kali sampai mencapai putaran penuh. Selanjutnya, fungsi start capasitor akan
digantikan oleh arus listrik PLN untuk memutar kedua motor listrik tersebut.
Blower Motor
6. Motor Kompresor
Motor
Kompresor berfungsi menggerakan mesin kompressor. Ketika Motor bekerja,
kompresor akan berfungsi sebagai sirkulator bahan pendingin menuju ke seluruh
bagian sistem pendingin. Umumnya, motor kompresor dikemas menjadi satu unti
dengan kompresornya. Serupa dengan motor kipas, untuk start awal motor
kompresor juga menggunakan bantuan start kapasitor
2.2
Servis AC mobil
AC Mobil tiba-tiba tidak dingin dan
fungsi blower masih berjalan sempurna akan tetapi dingin yang timbul berkurang secara drastis dan telah berlangsung beberapa
hari. Sedangkan freon yang tersedia dalam sistem masih mencukupi.
Setelah Pengecekan Jumlah Freon
Tidak Berkurang Akan Tetapi Dinginnya Berkurang Drastis
Setelah dicek fungsi kompresor masih
berjalan dengan baik dan tingkat kompresinya masih cukup bagus dan memenuhi
syarat, Lalu kita cek fungsi kondensor dan filter silika AC dan keadaan kedua
parts ini masih cukup baik akan tetapi setelah fungsi kondensor ini, sepertinya
ditemukan kebuntuan yang bersumber dari sekitar expansi dan evaporator.
Pelepasan Panel-Panel Pada Dashboard
Dilakukan Karena Pada Bagian Luar Tidak Ditemukan Indikasi Permasalahan
Lalu dilakukanlah pengecekan
terhadap fungsi expansi dan evaporator , untuk itu casing box evaporator harus
dikeluarkan dari dashboard dan terlebih dahulu dasboard harus dibuka dengan
hati-hati karena di dalam mobil VOLTZ Built Up ini banyak sekali terdapat instrument elektrik yang sangat sensitif.
Untuk Pelepasan Box Evaporator Maka
Diharuskan Untuk Melepas Panel-Panel Pada Dashboard Selanjutnya dibuka panel
dashboard pada sisi penumpang.
Instrument Eletronik Mobil Juga
Tidak Luput Untuk Dilepas
di dalam dasboard terdapat box
instrument eletrik untuk kontrol keseluruhan fungsi dalam kendaraan tersebut,
jadi perlu lebih extra hati-hati dalam pelepasan dashboard.
Untuk Melepas Box Evaporator Maka
Palang Pengaman Pada Dashboard Juga Harus Digeser Posisinya
Casing Box evaporator telah dilepas
dari dudukannya di dashboard
Box Evaporator Sudah Dilepas Dari
Dudukannya
Casing Box Evaporator
Evaporator Telah Dilepas Dari Box
nya dan Dilakukan Cleaning
Evaporator Toyota VOLTZ Built
Up telah dilepaskan dari Casing Box nya
Heater Juga Dikeluarkan dan
Dibersihkan Sekalian
Heater yang terdapat dalam
Casing Box Evaporator.
Setelah dicek keadaan evaporator
ternyata masih cukup baik , selajutnya expansinya kita lepas dari evaporator
lalu kita cek ternyata memang ada kebuntuan pada fungsi expansi yang
menghambat sistem AC mobil tersebut. Setelah diganti dengan expansi baru dan
seluruh parts yang telah dibuka juga kita bersihkan maka pemasangan kembali
dilakukan.
Setelah seluruh instrument terpasang
kembali dengan baik, kita lakukan lagi pengecekan ulang pada sistem AC Mobil
tersebut dan setelah semua dinyatakan baik , selanjutnya kita lakukan pengisian
freon. Hasilnya cukup baik dan dinginnya sangat memuaskan
2.3 TIPS
MEMPERBAIKI AC MOBIL SENDIRI
memperbaiki AC mobil sendiri
– AC mobil bukan merupakan aksesoris lagi akan tetapi suatu faktor penting
untuk sebuah mobil. Dilihat dari sejarahnya AC mobil umurnya sama dengan
pertama kali dibuatnya mobil, silahkan disimak posting kami pada modifikasi AC mobil
klasik.
Disitu kami jelaskan pula mengapa
kita perlu upgrade atau ganti satu unit AC mobil klasik kita dengan yang baru
karena sistem AC baru menggunakan gas freon yang ramah lingkungan (R134a)
karena tidak merusak ozon, itu kalau AC mobil klasik anda masih menggunakan
freon R12 lho (saran saja demi kelangsungan hidup generasi yang akan datang).
Sistem kerja AC mobil secara umum
adalah sebagai berikut, pada saat tombol ‘on/off’ pada AC mobil kita ‘on’ maka
‘magnet cluth’ akan menekan kompresor dan akan memutar kompresor untuk bekerja
mengkompres atau menekan gas freon (refrigrant) yang ada didalamnya seingga
menuju ke tempat pendinginan (kondensor) yang kemudian masuk ke filter dryer.
Fungsi kondensor yaitu untuk mendinginkan gas yang bersuhu tinggi, itu sebabnya
biasanya kondensor ditaruh di depan radiator dan dibantu dengan extra fan untuk
menurunkan temperatur gas sebelum kemudian dialirkan melalu pipa menuju
ekspansi valve yang berfungsi menurunkan tekanan yang kemudian menuju ke
evaporator. Akibat perbedaan tekanan dari ekspansi maka udara didalam ruangan
akan terserap oleh refrigan melauli evaporator sehingga ruangan akan berkurang
panasnya dan pada waktu tertentu akan menjadi sejuk.
Di evaporator terjadi perubahan
bentuk refrigran yaitu dari cair menjadi gas sehingga mudah menyerap hawa panas
yang ada di dalam mobil yang kemudian dikembalikan lagi menuju kompresor dalam
bentuk cair untuk dinaikkan tekannya secara berulang dan terus menerus. Jadi
tidak ada istilah “harus tambah freon sedikit paling cuma 50 ribu atau 100 ribu
saja” bila AC mobil anda tidak dingin, trik ini biasanya dikatakan oleh
pedagang mobil bekas bila kita mau beli mobil bekas darinya. Baca juga tips
jual beli mobil bekas ya sebagai pengetahuan tambahan kita.
Tidak sepele itu harus nambah freon,
kalau memang tidak dingin berarti ada kerusakan atau kebocoran pada parts nya,
maka dari itu kami tulis judul posting ini tips memperbaiki AC mobil sendiri yang berarti bukan kita yang
harus memperbaiki sendiri kerusakan AC mobil kita melainkan sebagai pengetahuan
kita mengenai apa yang terjadi pada kerusakan AC mobil kita dan kita bisa
menganalisa sendiri sehingga kita tahu yang sebenarnya dilakukan. Hal ini
sangat penting bila ini terjadi pada saat kita ditengah perjalanan untuk
menghindari trik nakal dari beberapa oknum bengkel AC dadakan yang ada
dipinggiran jalan yang menawarkan jasa sevis AC mobil.
Secara umum berkurangnya “dingin” pada AC mobil kita ada 3
faktor yang utama yaitu :
- Karena
usia AC sudah tua (lebih dari 7 tahun atau bisa lebih lama tergantung
bagaimana cara kita merawat AC dengan benar) biasanya terjadi kebocoran
pada karet-karet seal nya.
- Faktor
instalasi yang kurang sempurna, baik instalasi AC nya maupun
kelistrikannya ( biasanya pada pemasangan sendiri bukan asli dari pabrik)
- Faktor
lain misalnya akibat kecelakaan sehingga selang-selang bocor atau
kondensor rusak, dll.
Dari ketiga faktor utama mengenai faktor
yang menyebabkan AC mobil anda tidak dingin sangat tidak mungin sekali atau
kecil kemungkinan bila anda punya mobil baru yang umurnya baru 1 atau 2 tahun
yang kemudian AC nya tidak dingin dan anda tanyakan kepada si tukang AC
jawabannya kurang freon atau tambah freon lagi, dan anda diduruh membayar
beberapa ratus ribu dengan si bengkel berpura-pura bongkar ini dan itu. Bila
anda mengalami hal demikian kemungkinan besar yaitu faktor nomer 2 dengan
mengecek apakah ada arus listrik yang mengalir pada saat tombol AC anda ‘on’
kan (ini yang biasa terjadi) dan biasanya hanya sekring saja yang putus, jadi
anda bisa ganti sendiri dan tidak usah memanggil bengkel.
Berikut kami berikan beberapa tips
untuk pencegahan AC mobil anda agar lebih awet umurnya:
- Menjaga
kebersihan kondensor, seringlah anda menyemprotkan air ke sirip-sirip
kondensor sehingga proses pendinginan pada kondensor berfungsi baik karena
bila kotor maka proses pendinginannya kurang sempurna akibatnya akan
merusak seal-seal karet di sambungan pada saluran pipanya.
- Membersihkan
evaporator dengan sikat khusus agar proses penyerapan hawa panas didalam
mobil menjadi lebih sempurna, sehingga AC tetap sejuk.
- Jangan
hidupkan AC dalam keadaan kaca terbuka terlalu lama karena akan
memberatkan kerja kompresor (proses pendinginanya menjadi lama) akibatnya
seperti nomer 1.
- Carilah
bengkel AC mobil yang profesional dan terpercaya untuk urusan AC mobil
anda agar anda tidak merasa dibohongi, seperti contohnya ditulis tambah
freon 2 kg untuk jenis mobil sedan. Ini sangat tidak mungkin sedangkan
yang dobel blower saja paling hanya 1,5 kg saja, dll.
- Untuk
AC mobil tua dan sering kurang dingin, maka cek komponen dan pipa saluran
AC dengan cara mengoleskan cairan yang berbusa, misalnya sabun untuk
mengecek kebocoran yang terjadi, setelah tahu segera konsultasikan dengan
bengkel anda untuk segera diperbaiki.
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Air
Conditioner Merupakan sebuah alat yang mampu mengkondisikan udara. Dengan kata
lain, AC Berfungsi Sebagai Penyejuk Udara yang diinginkan ( sejuk atau dingin )
dan nyaman bagi tubuh. Ac Lebih Banyak digunakan di wilayah yang beriklim
tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi (panas).
AC
mobil terdiri dari beberapa bagian yang cara kerjanya saling berhubungan satu
dengan yang lainnya, adapun bagian-bagian Ac tersebut adalah sebagai berikut :
1. Compresor
2. Condensor.
3. Filter Dryer.
4. Katup expansi.
5. Evaporator.
tips untuk pencegahan /Perbaikan AC
mobil anda agar lebih awet umurnya:
- Menjaga
kebersihan kondensor, seringlah anda menyemprotkan air ke sirip-sirip
kondensor sehingga proses pendinginan pada kondensor berfungsi baik karena
bila kotor maka proses pendinginannya kurang sempurna akibatnya akan
merusak seal-seal karet di sambungan pada saluran pipanya.
- Membersihkan
evaporator dengan sikat khusus agar proses penyerapan hawa panas didalam
mobil menjadi lebih sempurna, sehingga AC tetap sejuk.
- Jangan
hidupkan AC dalam keadaan kaca terbuka terlalu lama karena akan
memberatkan kerja kompresor (proses pendinginanya menjadi lama) akibatnya
seperti nomer 1.
- Carilah
bengkel AC mobil yang profesional dan terpercaya untuk urusan AC mobil
anda agar anda tidak merasa dibohongi, seperti contohnya ditulis tambah
freon 2 kg untuk jenis mobil sedan. Ini sangat tidak mungkin sedangkan
yang dobel blower saja paling hanya 1,5 kg saja, dll.
- Untuk
AC mobil tua dan sering kurang dingin, maka cek komponen dan pipa saluran
AC dengan cara mengoleskan cairan yang berbusa, misalnya sabun untuk
mengecek kebocoran yang terjadi, setelah tahu segera konsultasikan dengan
bengkel anda untuk segera diperbaiki.
DAFTAR PUSTAKA
http://materiototronik.blogspot.com/2011/02/sistem-ac-mobil.html
http://www.mobil-klasikantik.com/2013/02/tips-memperbaiki-ac-mobil-sendiri.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar